mashenk’s blog

belajar blog menjadi ahli seo dan pakar seo

Cara SEO Dasar Blog Meningkatkan Pencarian Artikel

Tips SEO Dasar Blog ~ Sebuah blog yang telah dibuat tentu harus dapat dicapai dan ditemukan oleh mesin pencari. Jika tidak maka akan sia-sia saja artikel yang telah dibuat ! Pembaca tidak akan dapat menemukan artikel yang telah dibuat dengan susah payah, Apalagi membacanya. Untuk mencapai semua itu tentu ada yang harus dioptimalkan atau dengan kata lain harus ada yang diperjuangkan, Yaitu SEO.

Sebuah blog yang dibuat tanpa memikirkan SEO tidak akan mungkin dapat bersaing diantero jagat raya ini, Jangankan kata kunci yang pendek, Kata kunci yang panjangpun akan sulit terdeteksi oleh mesin pencari dan pengunjung. Jadi mau tidak mau, Suka tidak suka Anda harus tahu yang namanya SEO, Untuk dapat diterapkan pada blog atau website Anda.

Nah, Dalam kesempatan kali ini saya akan menulis sedikit tentang Tips SEO Dasar Blog untuk Meningkatkan Pencarian Artikel.

Untuk mengoptimalkan seluruh situs anda untuk mesin pencari,Anda harus mengikuti SEO Dasar ada dibawah ini:

1. Tentukan Niche Blog

Secara SEO, Suatu blog yang membahas tema khusus akan lebih mudah menguasai pencarian dibidangnya. Karena itulah maka saat membuat blog sebaiknya tentukan dahulu niche apa yang akan dibuat, Misalnya blog tentang kesehatan, Tentang bisnis dan lain-lain.

2. Sertakan Keyword Blog

Penting sekali untuk dapat memasukan kata kunci ( keyword ) pada bagian judul, Url , deskripsi yang akan menambah daya kekuatan kata kunci yang diinginkan

3. Gunakan Permalink

Optimalkan penggunaan permalik Url, Misalnya Anda menggunakan WordPress Self Host dapat mensettingnya menjadi :

h**p://namablog.com/nama-permalink-di-sini

Usahakan jangan menggunakan

h**p://namablog.com/category/nama-permalink-di-sini , atau yang ini

h**p://namablog.com/2015/04/nama-permalink-di-sini

Jikalau menggunakan blogspot, Dapat mensetting di bagian custom sebelah kanan menu artikel.

4. Percepat Loading Blog

Secara SEO loading sebuah blog sangatlah berpengaruh besar, Gambarannya begini, Saat mesin pencari meng-crawl halaman artikel dan didapati ada bagian yang memakan waktu untuk loading maupun memakan bandwith maka mesin pencari akan mengarahkan ke blog lain yang dianggap lebih cepat prosesnya. Belum lagi si pengunjung yang mungkin akan merasa kecewa dengan beratnya loading blog sehingga menutup dan pergi dari blog Anda. Jadi upayakan memiliki blog yang ber-loading cepat !

5. Optimasi Gambar

Sebuah gambar yang ditancapkan dalam artikel akan membantu mendatangkan pengunjung, Tetapi mesin pencari tidaklah dapat membaca gambar. Hanya berupa teks-lah yang akan membuat si mesin pintar tersebut mengenali gambar. Oleh karena itu berikan deskripsi, judul ataupun alt tag pada gambar untuk membantu mesin pencari mengenali gambar tersebut. Bila ada pengunjung yang sedang mencari gambar yang berhubungan dengan kata yang telah dimasukkan ke dalam gambar tersebut maka kesempatan gambar Anda ter-crawl oleh mesin pencaripun juga ada. Hal inilah yang akan membantu mendatangkan pengunjung dari maknyos nya sebuah gambar :-D

6. Internal Link

Berikan Tautan antar artikel untuk menambahkan keterkaitan antara artikel yang satu dengan artikel yang lain. Tentunya harus yang relavan, Jangan menggunakan link yang sifatnya menipu, Sehingga saat pengunjung membaca artikel dan link tersebut akan merasa keanehan dan tertipu.

7. Eksternal Link

Eksternal link memang membuat poin mengarah keluar, Tetapi hal ini juga perlu sekali-kali dibuat untuk menambah tingkat kepercayaan mesin pencari atas kualitas dan keterkaitan artikel yang berotoritas. Tentunya link yang mengarah keluar haruslah yang relavan.

8. Update Rutin

Mesin pencari selalu menginginkan dan mengutamakan blog yang sering update, Bila tidak bisa update setiap hari maka lakukan paling tidak seminggu sekali. Asalkan secara konsisten maka mesin pencari akan tetap cepat melirik ke blog Anda.

9. Daftarkan Ke Search Engine

Konten yang telah Anda buat haruslah didaftarkan ke search engine, Upayakan agar dapat terindeks dengan baik di mesin pencari.

10. Backlink Dari Situs Terkemuka

Secara SEO, situs besar akan membantu meningkatkan sumber daya pencarian dan memberitahukan kepada mesin pencari akan kualitas blog Anda jika ada backlink yang berasal darinya. Oleh karena itu maka upayakan mendapatkan backlink dari situs besar terkemuka.

Nah, itulah beberapa tips seo dasar blog menurut saya yang masih belajar blog yang tentunya bukan ahli SEO dan pakar SEO, Tetap buat konten dengan tujuan untuk manusia jangan untuk mesin pencari karena bagaimanapun konten adalah raja. Ok, Salam sukses