mashenk’s blog

belajar blog menjadi ahli seo dan pakar seo

FAKTOR SEO YANG PENTING UNTUK WEBSITE

Sejak adanya mesin pencari seperti Google, Bing dan lain-lain banyak pakar seo berusaha mencari informasi tentang cara kerja mesin pencari yang kita kenal dengan sebutan SEO ( Search Engine Optimazation).

Ketika blog atau website menempati posisi peringkat pertama hinggai ketiga dalam pencarian diperkirakan akan mendapatkan total klik kumulatif lebih dari 50%. Dan sebagaian besar pencapaian peringkat ini berasal dari SEO.

Ini menunjukkan betapa pentingnya SEO untuk website anda, dengan bantuan SEO anda bisa mendapatkan ribuan hingga puluhan ribu pengunjung per hari.

Lebih dari itu, pengunjung dari mesin pencari merupakan orang-orang yang haus akan informasi dan ingin membeli produk. Kalau anda memiliki sebuah bisnis online, pengunjung dari mesin pencari akan memiliki tingkat konversi (conversion rate) terbesar.

SEO merupakan bagian dari inbound marketing yang merupakan teknik marketing modern di era digital.

Pemasaran inbound, termasuk SEO merupakan metode marketing yang memakan biaya terkecil dibandingkan teknik pemasaran tradisional.

 

KONSEP DASAR SEO

 

Kita tahu bahwa Google (dan mesin pencari lain) merupakan sebuah produk yang mementingkan kepuasan layanan pencarian. Kepuasan pengguna saat mencari sebuah produk / artikel merupakan hal utama yang harus dipenuhi oleh mesin pencari. 

Ketika seseorang mengetikkan suatu kata di mesin pencari diharapkan memunculkan relavansi suatu blog atau website. Artinya apabila pengguna mencari sesuatu menggunakan kata kunci / keyword diharapkan dapat menampilkan hal yang sedang dicarinya dengan baik. 

Setiap kata yang diketikkan untuk mencari sesuatu di mesin pencari inilah yang merupakan konsep dasar dari SEO.

Oleh karena itu jadikan website anda dapat menampilkan kata kunci yang pengguna cari.

 

Apakah website bisa sukses tanpa SEO ?

 

Jawabannya : Bisa !

Asalkan Anda terlebih dahulu memperhatikan konsep dasar SEO di atas, Selanjutnya tidak perlu pusing memikirkan SEO dan tidak sedikit orang yang memiliki website yang populer tanpa mengerti SEO.

 

Hal Ini masuk akal karena mesin pencari saat ini sudah sangat canggih dan pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas website.

 

Tetapi ada kemungkinan website anda masih butuh sedikit usaha lagi dari anda untuk bisa berhasil. Selain itu dengan mengetahui teknik SEO anda mengerti bagaimana membuat website yang sukses.

 

Apa saja yang harus saya lakukan untuk mempelajari SEO ?

 

Ada beberapa komponen utama dalam SEO, komponen-komponen ini yang akan menentukan seberapa baik website anda secara SEO. Komponen ini pula lah yang menentukan urutan rangking di hasil pencarian search engine.

Secara singkat, inilah yang perlu anda pelajari untuk menguasai SEO : 

  1. Optimasi halaman website
  2. Riset kata kunci (Keyword research)
  3. Menganalisa kompetisi
  4. Membuat konten yang berkualitas
  5. Membangun popularitas, link, dan reputasi

 Ok, demikian saja dulu faktor seo penting untuk website, semoga dapat bermanfaat.